Seminar Proposal Daring

Menanggapi imbauan yang dikeluarkan oleh rektor Unismuh Makassar terkait kesiapsiagaan dan upaya pencegahan penyebaran infeksi Covid-19, berbagai kegiatan dilakukan secara daring. Salah satunya adalah seminar proposal yang dilaksanakan oleh Muh. Tasrif dan Ardiyanto, mahasiswa Budidaya Perairan Unismuh Makassar, Kamis (21/5).

“Hal yang dilakukan saat ujian proposal, iya sama seperti mekanisme ujian biasanya. Semua terlaksana dengan rapi dan formal. Walaupun hanya bertatap muka lewat layar, saya tetap mengenakan pakaian bernuansa hitam putih,” ungkap Tasrif.

Di bawah bimbingan Dr. Ir. Andi Khaeriyah, M.Pd., Dr. Murni, S.Pi., M.Si. dan Asni Anwar, S.Pi., M.Si., Penguji Dr. H. Burhanuddin, S.Pi., M.P. dan Dr. Abdul Haris, S.Pi., M.Si.mahasiswa tersebut mengaku senang bisa melalui ujian proposal meskipun kampus diliburkan.

“Jujur, saya senang bisa tetap melaksanakan kewajiban dan hak sebagai mahasiswa dari rumah. Hal yang menarik adalah kesempatan kali ini menjadi pengalaman pertama buat saya seminar online,” tutur Tasrif.

Disinggung mengenai poin perbedaan dalam pelaksanaan, ia mengaku seluruh berkas terkait kami melakukan secara online yang biasanya dilakukan by face to face, baik pendaftaran ujian, undangan hingga berita,” ujarnya.

Selain itu, mahasiswa angkatan 2014 ini mengaku, pelaksanakan ujian secara daring membuat rasa geroginya berkurang. Namun di sisi lain, ia juga harus memastikan kondisi jaringannya selalu bagus agar ujian tetap berjalan sebagaimana mestinya. Ardiyanto dan Tasrif berharap, para mahasiswa akhir yang sedang mengerjakan skripsi agar tidak menunda karena semua fasilias telah disediakan oleh panitia pelaksana dalam hal ini FAKULTAS PERTAIAN Unismuh Makassar.

“Alhamudillah jaringannya bagus, semua jadi lancar. Saya berharap semoga dengan diliburkannya kampus, tidak menjadi alasan mahasiswa akhir untuk menunda dan malas mengerjakan skripsi. Nyatanya kita sudah difasilitasi dengan aplikasi yang ada, sekarang zaman semakin maju,” tutupnya.