andhy

 

Program Studi Budidaya Perairan Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Makassar, menyelenggarakan Workshop Penguatan Bimbingan Skripsi Mahasiswa via online yang ditujukan kepada dosen yang melakukan pembimbingan, Kamis, (22/5/2020).

Ketua Program Studi Budidaya Perairan, Dr. Ir. Andi Khaeriyah, M.Pd. mengatakan kegiatan merupakan rangkaian dalam mencapai atau meningkatkan kualitas output lulusan dan juga merupakan program kerja kami akan tetapi sangat berbeda dengan sebelumnya, karena kami melaksanakan secara online (daring) dan situasi covid-19.

serta harapan saya semoga workshop penguatan pembimbingan skripsi ini kedepannya dapat meningkatkan kualitas proses pembimbingan, meningkatkan kualitas skripsi yg dihasilkan dan mahasiswa insya allah dpt selesai tepat waktu. ”Tuturnya”.

Pada kegiatan ini kami mengundang Guru Besar Universitas Hasanuddin Prof. Dr. Ir. Muhammad Yusri Karim, M.Si. sebagai pemateri workshop penguatan bimbingan skripsi, menurut Prof. Yusri, ada 4 (empat) tujuan penulisan skripsi yang harus mahasiswa ketahui agar mampu menyusun dan menulis suatu karya ilmiah sesuai dengan bidang ilmunya, yang pertama, Telaah Kepustakaan (secara mandiri menelaah pustaka yang relevan dengan penlitiannya), Terlatih (Memiliki sikap jujur, disiplin, cermat, dan objektif dalam kinerja), Kemampuan bernalar (mampu merumuskan permasalahan dan mencari pemecahan masalah) dan dalam menyusun karya ilmiah yang sesuai dengan bidang yang digelitinya) dan pada kesempatan ini juga, menyampaikan ada beberapa faktor yang menjadi keberhasilan pembimbingan, yaitu dari faktor Pembimbing dan Mahasiswa itu sendiri, Adanya Kerjasama dan Permasalahan (Meliputi ruang lingkup permasalahan dan ketersedianya referensi yang di butuhkan dalam menemukan permasalahan

Andhy

Dimana kegiatan ini didukung penuh oleh seluruh civitas dan dibuka oleh Dr. H. Burhanuddin, S.Pi., M.Si. selaku Dekan Fakultas Pertanian Unismuh Makassar

Dekan Fakultas Pertanian, Burhanuddin mengatakan saya selaku dekan sangat mengapresisi kegiatan tersebut, demi kelancaran kegiatan di prodi, khususnya di prodi BDP, dan semoga kedepannya prodi ini dapat jauh lebih baik sesuai dengan keinginan kita, dan menjadi contoh untuk program studi yang lain, dan perlu juga saya sampaikan bahwa salah satu tujuan dari kegiatan ini untuk menyamakan persepsi dalam kegiatan pembimbingan skripsi ( terutama sistimatika penulisan), baik antar pembimbing, pembimbing dengan penguji, maupun antar dosen pembimbing/penguji dengan mahasiswa. ”Tuturnya”.

@MuhIrwandhiAmriDalam pantuan kami selaku panitia, kegiatan ini diikuti 14 dosen prodi BDP, dan juga dihadiri oleh Pimpinan Fakultas seperti Dr. Ir. Husnah Latifah, S.Hut., M.Si., IPM (Wakil Dekan I), Dr. Jumiati, S.P., M.M. (Wakil Dekan II), dan Akbar, S.P., M.Si. (Wakil Dekan III) serta staf fakultas pertanian.

Salah seorang dosen Prodi Budidaya Perairan, Abdul Malik, S.Pi., M.Si. menilai kegiatan ini sangat membantu dalam menjalankan tugas masing-masing sebagai seorang dosen khususnya pembimbing tugas akhir.