Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Makassar menggelar pelatihan permodelan Ekonometrika dengan program EVIEWS di Gedung Iqra Lantai 6, kampus Unismuh, Jl Sultan Alauddin, Makassar, Sabtu (21/7/2018).

Lantas, apakah tujuan diadakannya pelatihanini?

Dipaparkan Dosen Agribisnis UnismuhMakassar Firmansyah, SP, M.Si, pelatihan ini digelar agar mahasiswa mampu mengaplikasikan ekonometrika untuk data Times series dan cross section dengan menggunakan perangkat lunak seperti EVIEWS.

Siapa saja penyaji dalam pelatihan tersebut?

Adapun penyaji dalam kegiatan pelatihan ini adalah Dr Abd Rahim, SP,M.Si dan Diah Retno Dwi Hastuti, SP, M.Si. Dosen Universitas Negeri Makassar (UNM).

“Permodelan ekonometrika bagi mahasiswa pertanian sangat menunjang dalam hal kegiatan pengembangan wawasan tentang riset ekonomi pertanian dan agribisnis. Untuk itu diharapkan mahasiswa memahami dan mengaplikasikan permodelan Ekonometrika dengan menggunakan aplikasi EVIEWS yang lebih mudah dipahami. Sehingga mahasiswa nantinya andal dalam mengaplikasikan EVIEWS dalam bidang riset agribisnis,” jelasnya, Minggu (22/7/2018).

Ketua program studi Agribisnis Amiruddin, S Pt., M Si. mengatakan, momen ini merupakan kesempatan emas bagi mahasiswa untuk menambah pengetahuan dan keterampilannya khususnya di bidang Ekonometrika.

Oleh karena itu, diharapkan kepada seluruh mahasiswa yang menjadi peserta untuk serius mengikuti pelatihan ini sampai selesai. (*)